Telpon: (0370) 649350 Email: diskominfo@mataramkota.go.id

Internet Sehat Untuk Generasi Muda Produktif

Internet Sehat Untuk Generasi Muda Produktif


Mataram – Di era serba digital serta lompatan teknologi yang begitu cepat, internet telah menjadi bagian integral dalam kehidupan sehari hari. Menyikapi hal tersebut diperlukan upaya untuk mengedukasi dan meningkatkan kesadaran individu tentang penggunaan yang aman, bertanggung jawab, dan bijak terhadap internet. Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik, Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Mataram (PIKP Diskominfo), Martha Yuli Suharjanti, saat melakukan tour sosialisasi Internet sehat di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 7 Mataram, dan SMPN 14 Mataram, pada minggu awal Oktober lalu.

“Sosialisasi internet sehat bertujuan untuk melindungi individu, terutama anak-anak dan remaja, dari potensi risiko dan bahaya yang ada di internet, sambil tetap memanfaatkan potensi positif yang ditawarkan oleh dunia online, menjadi generasi muda yang produktif” ungkapnya di hadapan para siswa dan guru di kedua sekolah tersebut.

Selain memberikan pemahaman tentang risiko dan bahaya yang ada di internet, seperti konten berbahaya, penipuan online, cyberbullying, dan privasi data, Sosialisasi ini juga menjelaskan konsep penting seperti identitas digital, jejak digital, dan dampak penggunaan internet yang tidak bijak.

Menurut Yuli, demikan sapaan akrabnya, diperlukan bimbingan kepada anak-anak dan remaja tentang cara menggunakan internet dengan bijak, atau pun dengan memanfaatkan teknologi tersebut dengan memasang perangkat pengamanan seperti kontrol orangtua, atau perangkat lunak pembatas untuk mengendalikan akses dan waktu penggunaan internet.

“Hal yang paling penting adalah, kita mendorong komunikasi terbuka antara orangtua, wali, dan anak-anak tentang pengalaman online mereka, serta memberikan ruang bagi anak-anak untuk berbicara tentang apa yang mereka temui atau alami di internet.” Tandasnya.

Sosialisasi internet sehat adalah tanggung jawab bersama antara orangtua, pendidik, dan masyarakat secara luas. Dengan membentuk pemahaman yang baik tentang penggunaan internet yang bijak, dapat menciptakan lingkungan online yang lebih aman dan positif untuk semua orang.


Dalam kegiatan sosialisasi ini juga, para siswa dan guru diberikan materi pelatihan tentang produksi konten podcast, serta materi personal branding. Kedua materi ini diberikan dengan harapan agar para siswa bisa memanfaatkan perkembangan teknologi secara knstruktif, positif dan kreatif.

“Secara fundamental, dari sebuah produksi podcast ini, mereka semua bisa memahami tentang kerja secara team, dan menumbuh kembangkan literasi mereka agar peka membaca isu. Harapannya setiap sekolah bisa memiliki channel podcast sendiri yang dikelola oleh siswa mereka sendiri,”papar Dedy Aryo, salah satu pemateri yang juga merupakan staff di bidang IKP Diskominfo Kota Mataram.(TK-DISKOMINFO)