Telpon: (0370) 649350 Email: diskominfo@mataramkota.go.id

Sosialisasi Sensus Penduduk 2020 Tingkat Kota Mataram

Badan Pusat Statistik (BPS) akan menggelar Sensus Penduduk 2020 menggunakan metode kombinasi. Sensus penduduk online yang akan dilaksanakan pada 15 Februari sampai 31 Maret 2020 dan sensus penduduk wawancara dari 1-31 Juli 2020. BPS akan menggunakan data registrasi dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) sebagai dasar untuk ditindaklanjuti melalui
sampel survei. Masyarakat nantinya dapat memberikan informasi data kependudukan pada bulan Februari-Maret 2020. Melalui cara mandiri, tanpa proses wawancara langsung dengan petugas, melalui moda Computer Aided Web Interviewing (CAWI).

Basis utama sensus adalah nomor KTP dan kartu keluarga. Sementara untuk membangun satu data kependudukan diperlukan sinkronisasi antara data Dukcapil Kemendagri yang de jure dan terintegrasi sesuai dokumen kependudukan, dengan BPS yang dilakukan secara de facto melalui sensus penduduk dapat menghasilkan data yang kredibel dan valid. Sehingga dapat menyediakan parameter demografi dan proyeksi penduduk serta karakteristik penduduk lainnya untuk keperluan proyeksi penduduk.