Telpon: (0370) 649350 Email: diskominfo@mataramkota.go.id

Sosialisasi Aplikasi DatU (Data Urusan) OPD

Sosialisasi Aplikasi DatU (Data Urusan) OPD



Setelah sukses dengan Mataram Satu Data, Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) kembali membangun aplikasi yang diberi nama DatU (Data Urusan) Organisasi Perangkat Daerah (OPD).


Aplikasi DatU ini akan menghumpun data yang ada di seluruh OPD Kota Mataram sesuai Permendagri 86 Tahun 2017 dan Standar Pelayanan Minimal.


Dalam Sambutannya saat membuka Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Entry Data Aplikasi DatU, yang berlangsung di Ruang Kenari II Kantor Wali Kota Mataram, Kepala Diskominfo Kota Mataram, I Nyoman Suwandiasa mengatakan isu atau tema besar jika berbicara data adalah interoperabilitas dan integrasi data, dua frase ini sering di ucapkan tapi tidak pernah di wujudkan, ini hanya sebuah ide, buah pikiran tapi belum menjadi sebuah gagasan yang seharusnya sudah terstrukutr secara sistematis dan sudah memiliki kerangka kerja.


“Oleh sebab itulah tim dari bidang statistik ini, mencoba menawarkan sebuah sistem informasi untuk bisa melakukan intergrasi dan interoperabilitas itu, sehingga integrasi data dapat terwujud”. Ujar Nyoman dengan sumringah.


Kepala Diskominfo tersebut juga beharap hadirnya DatU OPD untuk melakukan integrasi data, sehingga persoalan integrasi data data sektoral di masing-masing OPD bisa lebih baik lagi dan terhimpun dengan baik.


“Bagaiamana OPD menyiapkan data yang siap saji, karena hadirnya digitalisasi dan sistem informasi harus menyederhanakan, mempermudah mempersingkat, bukan memperumit pekerjaan”. Pungkasnya.


Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Entry Data Aplikasi DatU diikuti oleh Operator data dari seluruh OPD se-Kota Mataram dan berlangsung pada Kamis, (07/12/2023).(TK-Diskominfo)