Telpon: (0370) 649350 Email: diskominfo@mataramkota.go.id

Percepatan transformasi digital yang inklusif, memberdayakan dan berkelanjutan

Percepatan transformasi digital yang inklusif, memberdayakan dan berkelanjutan


Mataram – Rapat Kordinasi Nasional (Rakornas) ke-14 Komisi Informasi se-Indonesia 2023 resmi dibuka oleh Menteri Kominfo Republik Indonesia, Budi Arie Setiadi, di Hotel Lombok Raya, Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Senin (7/3023). Melalui tema tahun ini “Keterbukaan Informasi Publik untuk Demokrasi, Kesejahteraan Rakyat dan Pembangunan Nasional”, merupakan bentuk refleksi kondisi saat ini yang tentunya menjadi perhatian dari seluruh KI se Indonesia, ungkap Menkominfo dalam sambutannya.


“Kami dari Kementerian Kominfo berkomitmen dalam mendukung keterbukaan informasi publik dengan melakukan percepatan transformasi digital yang inklusif, memberdayakan dan berkelanjutan.” Tutur Menteri yang baru saja menjabat ini.


Selain itu dipaparkan juga olehnya, tujuan rakornas ini ialah untuk menguatkan kelembagaan dan peningkatan sinergi antara Komisi Informasi (KI) Pusat, KI Provinsi dan KI Kabupaten/Kota dalam pelaksanaan demokrasi, kesejahteraan rakyat dan pembangunan Nasional melalui keterbukaan informasi.


Selain dihadiri juga oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Mataram I Nyoman Suwandiasa, kegiatan ini juga diikuti oleh Komisi Informasi Pusat Donny Yoegiantoro, Gubernur NTB Zulkieflimansyah, dan lebih dari 400 peserta dari Komisi Informasi (KI) se-Indonesia.


Rakornas yang diagendakan akan berlangsung mulai tanggal 7 Agustus hingga 9 Agustus 2023 ini, akan diisi oleh beberapa materi kegiatan, mulai dari Governmental Session bersama Ketua Komisi 1 DPR RI, Meutya Viada Hafid dengan materi “ Keterbukaan Informasi Publik untuk Demokrasi, Kesejahteraan Rakyat dan Pembangunan Nasional”, Menteri Kominfo dan Informatika, RI Budi Arie Setiadi, dengan materi “Keterbukaan Informasi Publik dan Transformasi Digital”. Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal RI, A. Halim Iskandar, akan menyampaikan materi “Keterbukaan Informasi Publik di Tingkat Desa”, Mendagri Tito Karnavian, dengan materi : “Keterbukaan Informasi Publik Pemilu dan Penguatan Pemerintah Daerah”. Sedangkan Menteri BUMN RI, Erick Thohir akan membawakan materi: “Keterbukaan Informasi Publik, BUMN dan Kesejahteraan Rakyat”, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara & Reformasi Birokrasi RI, Abdullah Azwar Anas, menyampaikan materi: “Keterbukaan Informasi Publik dan Reformasi Birokrasi”. Selanjutnya, Ketua Badan Pengawas Pemilu RI, Hasyim Asy’ari,v dengan materi: “Peran Keterbukaan Informasi Publik dalam Pengawasan Pemilu Serentak 2024”. (TK-DISKOMINFO)