Telpon: (0370) 649350 Email: diskominfo@mataramkota.go.id

Pemkot Tingkatkan Keamanan Informasi melalui Bimtek KAMI

Mataram – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Mataram (Diskominfo) I Nyoman Suwandiasa membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sertifikat Sistem Elektronik Indeks Keamanan Informasi (KAMI) Menuju Iso 27001 yang bertempat di Ruang Rapat Bappeda Kota Mataram, Senin (27/06/2022).


Turut hadir dalam kegiatan tersebut Sandiman Ahli Muda pada Direktorat Keamanan Siber dan Sandi Pemerintah Daerah Irma Nurfitri Handayani, Kepala Bidang Persandian Dinas Kominfo Kota Mataram I Nyoman Gunawan dan Pengelola Sistem Elektronik pada masing – masing perangkat daerah Kota Mataram.


Latar belakang diadakan acara ini, untuk menyeimbangkan perkembangan teknologi khususnya di sektor pemerintahan. Sektor pemerintahan saat ini, berlomba – lomba berinovasi menerapkan layanan publik berbasis elektronik. Pemanfaatan teknologi informasi tersebut menawarkan berbagai kemudahan kepada publik, yang mana kemudahan tersebut harus sebanding lurus dengan perlindungan keamanan informasi. Hal ini sebagai wujud dukungan terhadap penyelenggaraan sistem pemerintahan berbasis elektronik dari aspek keamanan informasi.



Oleh karena itu, dalam rangka mempersiapkan penerapan sertifikasi ISO 27001, penyelenggara sistem elektronik Pemerintah Kota Mataram melakukan evaluasi dan penilaian secara mandiri untuk melengkapi seluruh klausul dokumen kelengkapan indeks yang akan dipelajari selama tiga hari, mulai tanggal 27 sampai dengan 29 juni 2022.


Menurut Kepala Diskominfo Kota Mataram I Nyoman Suwandiasa, jumlah serangan di cyber di Kota Mataram tahun 2021 tiap harinya mencapai 1.370 dan di tahun 2022 tercatat serangan tiap harinya meningkat hingga 6.290 baik serangan DDOS, Email Spam, Web Defacement. 

Lebih lanjut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Mataram mengatakan kegiatan ini bertujuan guna menentukan sejauh mana penerapan sistem manajemen keamanan informasi yang telah diterapkan oleh organisasi PSE.



“Dengan harapan kegiatan ini dapat membantu kepala daerah dalam menjalankan pengelolaan keamanan informasi dan penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE)” tutupnya. * (ryn-sem/Tk-Diskominfo)

Related News