Telpon: (0370) 649350 Email: diskominfo@mataramkota.go.id

Pelatihan Jurnalistik, Tingkatkan Kualitas Informasi OPD

Mataram- Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Mataram bersama Forum Wartawan Kota Mataram (Forwakot) menyelenggarakan Pelatihan Jurnalistik dalam rangka meningkatkan kemampuan tim media publikasi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Mataram, bertempat di Ruang Rapat Bappeda Kantor Wali Kota Mataram, Rabu (07/12/2022).

Kegiatan tersebut diikuti oleh perwakilan dari 50 tim media publikasi dari semua OPD dan camat se Kota Mataram.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Mataram I Nyoman Suwandiasa dalam sambutannya menyampaikan di era keterbukaan informasi kualitas informasi sangatlah penting karena itu diharapkan fungsi kehumasan di setiap OPD selalu aktif dalam mempublikasikan kegiatan nya.

Lebih jauh, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Mataram menyebut jurnalistik OPD menjadi garda terdepan untuk menyebarluaskan berita kegiatan di masing-masing OPD sehingga tercipta keterbukaan informasi publik bagi masyarakat, 

Dengan kegiatan ini, Ia berharap setiap tim jurnalistik OPD memiliki pengetahuan dan skill untuk membuat informasi yang sesuai dengan kaidah jurnalistik.

"Dengan adanya pelatihan ini bisa meningkatkan Kemampuan Jurnalistik Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Mataram sehingga memberikan berita yang berkualitas, aktual dan terpercaya". tuturnya.

Selanjutnya Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Martha Yuli Suharjanti menyampaikan  saat ini, jumlah OPD yang aktif memberikan informasi aktual di website sangatlah sedikit. 

Ia mencatat dari 40 domain website OPD hanya 10 yang terkelola dan aktif memberikan informasi.

Sehingga dengan kegiatan ini, informasi di halaman website OPD kembali aktif dan tetap memberikan informasi yang relevan kepada masyarakat (TK-Diskominfo).

Related News