Telpon: (0370) 649350 Email: diskominfo@mataramkota.go.id

FGD Penyusunan Publikasi Kota Mataram Dalam Angka Tahun 2024

FGD Penyusunan Publikasi Kota Mataram Dalam Angka Tahun 2024


Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Mataram menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Publikasi Kota Mataram Dalam Angka Tahun 2024 dengan mengangkat tema "Penguatan Penyelenggaraan Statistik Sektoral Untuk Peningkatan Predikat Indeks Pembangunan Statistik", yang berlangsung di Ruang Kenari Kantor Wali Kota Mataram, pada Selasa (20/02/2024).

FGD yang di buka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Mataram, L Alwan Basri tersebut di hadiri oleh Kepala BPS Kota Mataram, Mohammad Reza Nugraha Kusumawinoto, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Mataram, M Ramayoga, perwakilan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Mataram dan vertikal sebagai Produsen Data di Kota Mataram.


Pada kegiatan tersebut, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Mataram, I Nyoman Suwandiasa yang juga sebagai Wali Data sekaligus sebagai narasumber pada FGD tersebut mengatakan bahwa Satu Data Kota Mataram saat ini memiliki 1.641 dataset yang dapat diakses secara terbuka.


“Satu Data Kota Mataram yang telah terintegrasi dengan Satu Data Indonesia dan dapat diakses melalui portal data.go.id bersama dengan 346 portal kementerian/lembaga/pemerintah daerah”. Ujar Nyoman.


Lebih lanjut Nyoman mengatakan, Seluruh data tersebut di kumpulkan melalui produsen data yakni seluruh OPD Kota Mataram hingga keluruhan melalui program Kelurahan Patriotik dan pada tahun 2023 nilai evaluasi Penyelengaraan Statistik Sektoral (EPSS) Kota Mataram sebesar 2,04.


Diakhir paparannya, sesuai dengan judul materi yang disampaikan yaitu Pentingnya Pengumpulan Data Kota Mataram Dalam Angka Menuju Satu Data Indonesia, I Nyoman Suwandiasa menjelaskan bahwa saat ini data menjadi sangat penting sebab, data merupakan Speaks loader than tradition, data dapat menentukan arak kebijakan, data dapat memunculkan inovasi dan data sebagai dasar evaluasi.


“Dunia bergerak maju, dengan mengolah data kita memperoleh informasi yang akan berbeda dari waktu ke waktu, informasi yang diperoleh dari mengolah data tersebut dapat membantu untuk membuat rencana dan tujuan jangka panjang sekaligus merumuskan strategi dalam menyusun standar prosedur tertentu untuk kesejahtraan masyarakat, melalui data kita dapat menganalisa tren saat ini dan memprediaksi tren di masa depan, terakhir data dan informasi juga berguna untuk mengevaluasi serta memperbaiki masalah-masalah yang ada saat ini”. Tutup Kepala Dinas Kominfo yang di sambut tepuk tangan peserta FGD.(TK-Diskominfo)