Telpon: (0370) 649350 Email: diskominfo@mataramkota.go.id

Evaluasi Implementasi Kota Cerdas (Smart City) Tahap I Tahun 2023

Evaluasi Implementasi Kota Cerdas (Smart City) Tahap I Tahun 2023


Pemerintah Kota Mataram mengikuti Evaluasi Implementasi Kota Cerdas (Smart City) Tahap I, bersama Tim Asessor dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi serta Akademisi yang berasal dari Universitas Indonesia dan Universitas Kristen Satya Wacana, yang berlangsung secara hybrid (luring dan daring). Bertempat di Ruang Kenari Kantor Walikota Mataram, serta turut dihadiri oleh OPD se- Kota Mataram pada Rabu (14/06/2023).


Dalam pemaparannya, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Mataram, I Nyoman Suwandiasa mengatakan saat ini Kota Mataram terus melakukan inovasi dalam mendukung implementasi Smart City, salah satunya inovasi e-parkir yang bekerjasama dengan Bank Indonesia untuk melakukan pembayaran parkir menggunakan QRIS. 


"Sebelum kemunculan e-parkir memang produktifitas dan realisasi dari perparkiran kurang maksimal dan kini kami rasa sudah semakin membaik, ditambah lagi dengan adanya QRIS”, ucap Kadis Kominfo Kota Mataram yang hadir secara luring di Hotel Shangri-La, Surabaya didampingi Kepala Bidang Penyelenggaraan e-Government dan perwakilan Bappeda Kota Mataram.


Ia juga menjelaskan, dalam bidang kesehatan Kota Mataram memiliki inovasi “Permaisuri Dancing” (Persalinan Aman, Bayi Sehat, Ibu Berseri Dengan ANC Rutin USG) yang merupakan inovasi layanan publik pada Rumah Sakit Umum Daerah Kota Mataram.


“Dalam implementasinya, layanan ini dikemas dalam 2 (dua) kegiatan utama yaitu pendampingan dalam peningkatan skill dan knowledge bagi user di fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dimana dalam hal ini adalah Dokter Umum serta pemanfaatan IT berupa Emergency Button yang terintegrasi dalam layanan PSC (Public Safety Center) 119”.  


Di akhir pemaparannya, Nyoman Suwandiasa mengatakan seluruh inovasi tersebut dikelola dan terus dilakukan evaluasi oleh Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Mataram.


Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang Penyelenggaraan e-Government, Abdul Manan menambahkan saat ini Kota Mataram menjalankan interoperabilitas data pada Smart City dengan menggunakan dan memanfaatkan layanan dari Pusat Data Nasional baik itu server dan fitur-fiturnya.(TK-Diskominfo)