Telpon: (0370) 649350 Email: diskominfo@mataramkota.go.id

Bimtek Jurnalisme Warga dan menangkal Hoax Bagi Warga

Dinas Komunikasi Dan Informstika Kota Mataram mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Mentaram yang berasal dari Kecamatan Selaparang, Kecamatan Ampenan dan Kecamatan Cakranegara, bertempat ruangan Kenari 2, Kantor Wali Kota Mataram, Selasa (02/08/2022).


Acara di buka oleh Kepala Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Mataram Drs. I Nyoman Swandiasa, MH, didampingi oleh Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik Martha Yuli, S.Kom serta yang menjadi pemateri yaitu M.Kasyim jurnalis Suara NTB.

Dalam kesempatan tersebut Kadis Kominfo menyampaikan bahwa KIM merupakan salah satu media informasi online pilihan masyarakat untuk dirujuk, karena Wali Kota, Wakil Wali Kota, maupun Sekda Kota Mataram selalu mengingatkan jajaran Di Diskominfo untuk selalu melibatkan KIM dalam pengelolaan informasi publik ke masyarakat.

Lebih lanjut KIM berperan sangat penting dalam menangkal berita hoax karena bersumber dari "akar rumput" atau dengan kata lain KIM ini adalah jurnalisme warga.

"Selain itu KIM adalah mitra strategis pemerintah, jangan pandang sebelah mata KIM ini karena progresifitas KIM dalam mendukung pengelolaan informasi publik pemerintah sangat luar bisa baik dari segi kuantitas maupun kualitas" lanjutnya.

Diakhir sambutannya Kadis Kominfo berharap kedepannya setelah bimtek ini agar KIM yang kurang aktif agar lebih aktif lagi dalam menulis dan menyebarkan informasi ke publik dan menangkal berita-berita hoax yang beredar di masyarakat.(MF/TK-Diskominfo)

Related News