Telpon: (0370) 649350 Email: diskominfo@mataramkota.go.id

Pembinaan Statistik Sektoral

Pembinaan Statistik Sektoral


Badan pusat Statistik (BPS) Kota Mataram menggelar kegiatan pembinaan statistik sektoral, untuk mewujudkan sistem statistik nasional yang andal dan efektif, hal tersebut di sampaikan oleh Kepala Diskominfo Kota Mataram, I Nyoman Suwandiasa saat membuka kegiatan tersebut yang berlangsung di Aula Lantai III kantor Wali Kota Mataram, pada Kamis (21/03/2024).


"Kegiatan Pembinaan ini merupakan perwujudan kerjasama antara Pemerintah Kota Mataram dengan BPS Kota Mataram dalam penyelenggaran Statistik Sektoral". Ujar Nyoman Suwandiasa


Lebih lanjut beliau mengatakan kegiatan pembinaan dari BPS ini, menjadi pembelajaran, bagaimana tata Kelola statistik yang sesuai dengan Standar Statistik Nasional sesuai dengan aturan dan kaidahnya. "Selama ini kita ketahui, bahwa hampir semua kegiatan yang ada di Perangkat Daerah menghasilkan data sektoral, namun belum sesuai dengan kaidah statistik yang baku". Tegasnya kembali.

Melalui kegiatan pembinaan data sektoral ini, Nyoman Suwandiasa berharap akan mampu menaikkam nilai Indeks Pembangunan Statistik (IPS) Kota Mataram menjadi 2,6 atau masuk dalam predikat baik, lebih baik dari tahun 2023.


Di tempat yang sama Kepala Badan Pusat Statistik, Mohammad Reza Nugraha Kusumowinoto dinas yang diundang mampu mengajukan Rekomendasi Statistik dan menyampaikan Metadata Statistik sesuai standar yang telah ditetapkan. "Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Pemadam Kebakaran, Satuan Polisi Pamong Praja,Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman dan Dinas Kesehatan". Ujar Reza Nugraha.

Selain itu keenam dinas tersebut akan terus mendapatkan perhatian dan pendampingan dari BPS Kota Mataram. "Keenam OPD tersebut akan terus kita berikan perhatian dan pendamping secara berkelanjutan untuk dapat mengolah data yang dimiliki sehingga sesuai dengan kaidah-kaidah dan aturan". Pungkas Reza Nugraha

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan pemberian materi tentang pengisian rekomendasi kegiatan statistik dan penyusunan metadata oleh Lukman dan materi tentang Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral oleh Mary Tri Supriyatiningsih dari BPS Kota Mataram.(TK-Diskominfo)