Telpon: (0370) 649350 Email: [email protected]

Profil

Dinas Komunikasi dan Informatika (DISKOMINFO) Kota Mataram merupakan Perangkat Daerah yang dibentuk untuk memenuhi ketentuan Peraturan Pemerintah Nomor   41 Tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah dan melaksanakan Peraturan Daerah Kota Mataram Nomor  15 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kota Mataram serta memperhatikan kebutuhan pelayanan masyarakat sebagaimana hasil analisa Tim Analisis Jabatan dan Pengukuran Beban Kerja dalam rangka pengembangan dan pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi, maka dibentuklah Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Mataram .

Dinas Komunikasi dan Informatika Kota  Mataram sesuai dengan Peraturan Walikota Mataram Nomor 49 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Mataram dengan perubahan Peraturan Walikota Nomor 48 Tahun 2020 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Mataram tentunya diharapkan memenuhi tuntutan masyarakat dalam rangka memberikan pelayanan bidang komunikasi dan informasi yang menjadi kewenangan Daerah di bidang komunikasi dan informatika yang meliputi pengelolaan informasi dan komunikasi public, penyelenggaraan e-Government, persandian dan Statistik kepada masyarakat sehingga penyelenggaraan pemerintahan transparan dan akuntabel sesuai dengan era keterbukaan informasi, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta implementasi e-Government yang dimaknai sebagai penyelenggaraan kepemerintahan berbasis elektronik yang bertujuan meningkatkan kualitas pelayanan publik secara efisien, efektif dan interaktif, merupakan konsep yang sinergi antara penyelenggaraan pemerintahan dengan pemanfaatan teknologi informasi melalui kesiapan infrastruktur dan sumber  daya aparatur sebagai pelayan masyarakat.

TUGAS POKOK DAN FUNGSI 

Tugas Pokok Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Mataram adalah membantu Walikota melaksanakan Urusan Pemerintahan yang menjadi Kewenangan Daerah dan Tugas Pembantuan yang diberikan kepada Daerah di bidang Komunikasi dan Informatika yang meliputi Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik, penyelenggaraan e-Government, Persandian dan Statistik

Untuk melaksanakan Tugas Pokok, Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Mataram menyelenggarakan Fungsi sebagai berikut :

  • Merumuskan kebijakan sesuai dengan lingkup tugasnya;.
  • Melaksanakan kebijakan sesuai dengan lingkup tugasnya;
  • Melaksanakan evaluasi dan pelaporan sesuai dengan lingkup tugasnya
  • Melaksanakan Administrasi Dinas sesuai dengan lingkup tugasnya; dan
  • Melaksanakan fungsi lain yang diberikan oleh Walikota terkait dengan tugas dan fungsinya.


Bidang-Bidang pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Mataran:

Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik, terdiri atas:

  • Seksi Pengelolaan Informasi Publik;
  • Seksi Pengelolaan Komunikasi Publik.
  • Seksi Layanan Informasi Publik


Bidang Penyelenggaraan e-Government, terdiri atas :

  • Seksi Infrastruktur dan Teknologi;
  • Seksi Pengembangan dan Pengelolaan Data dan Aplikasi;
  • Seksi Layanan e-Government.


Bidang Persandian dan Keamanan Informasi, terdiri atas :

  • Seksi Tata Kelola Persandian;
  • Seksi Operasional Pengamanan Persandian
  • Seksi Pengawasan dan Evaluasi Penyelenggaraan Persadian  


Bidang Statistik, terdiri atas :

  • Seksi Statistik Sosial
  • Seksi Statistik Ekonomi
  • Seksi Statistik Sumber Daya Alam dan Infrastruktur


STRUKTUR ORGANISASI



PROFIL KEPALA DINAS 

Nama Lengkap

:

DRS. I NYOMAN SUWANDIASA, MH

Tempat / Tgl Lahir

:

Mataram, 09 Agustus 1971

Agama

:

Hindu

Alamat Rumah

:

BTN Sweta Mataram

Jabatan

:

Kepala Dinas Kominfo Kota Mataram

Alamat Kantor

;

Kantor Dinas Kominfo  Jl. Flamboyan No. 01 Mataram