HALAMAN

BIDANG E-GOV

Bidang Penyelenggaraan            e-Government

menyelenggarakan fungsi :

a.   perumusan dan penetapan program kerja dan penetapan

kinerja sesuai dengan bidang tugasnya;

b.   Penyusunan             perencanaan            Penyelenggaraan   e-

Government;

c.   pelaksanaan       pemberian      rekomendasi      peralatan TIK

sesuai peraturan perundang-undangan;

d.   penyiapan      bahan      perumusan      kebijakan      di                                                    bidang

layanan infrastuktur dasar data centerdisaster recovery

center   dan   TIK,   layanan   pengembangan   intranet   dan

penggunaan  akses  internet,  layanan  sistem  komunikasi

intra pemerintah daerah, layanan keamanan informasi e-

Government,  layanan  manajemen  data  dan  informasi  e-

Government,   layanan   pengembangan   dan   pengelolaan

aplikasi      generik     dan      spesifik      dan      suplemen                                             yang

terintegrasi,            integrasi            layanan            publik                                                               dan

kepemerintahan,  penyelenggaraan  ekosistem  TIK  Smart

 

15

 

 

 

 

 

 

City,     penyelenggaraan     Government         Chief                           Information

Officer      (GCIO)       pemerintah       daerah,                                 pengembangan

sumber  daya  TIK  pemerintah  daerah  dan  masyarakat,

layanan  nama  domain  dan  sub  domain  bagi  lembaga,

pelayanan publik dan kegiatan daerah;

e.   penyiapan      bahan     pelaksanaan     kebijakan     di                                          bidang

layanan infrastuktur dasar data center, disaster recovery

center   &   TIK,   layanan   pengembangan   intranet   dan

penggunaan  akses  internet,  layanan  sistem  komunikasi

intra   pemerintah   kabupaten/kota,   layanan   keamanan

informasi  e-Government,  layanan  manajemen  data  dan

informasi   e-Government,   layanan   pengembangan   dan

pengelolaan  aplikasi  generik  dan  spesifik  dan  suplemen

yang       terintegrasi,        integrasi       layanan       publik                             dan

kepemerintahan,  penyelenggaraan  ekosistem  TIK  Smart

City,     penyelenggaraan     Government         Chief                           Information

Officer             (GCIO)              pemerintah                                        kabupaten/kota,

pengembangan sumber daya TIK pemerintah daerah dan

masyarakat, layanan nama domain dan sub domain bagi

lembaga, pelayanan publik dan kegiatan daerah;

f.   penyiapan bahan penyusunan norma, standar, prosedur,

dan       kriteria       penyelenggaraan       di       bidang                          layanan

infrastuktur dasar data centerdisaster recovery center &

TIK,  layanan  pengembangan  intranet  dan  penggunaan

akses       internet,      layanan      sistem         komunikasi                               intra

pemerintah   daerah,   layanan   keamanan   informasi   e-

Government,   layanan   manajemen   data   dan   informasi

eGovernment,  layanan  pengembangan  dan  pengelolaan

aplikasi      generik     dan      spesifik      dan      suplemen                                    yang

terintegrasi,            integrasi            layanan            publik                                                     dan

kepemerintahan,  penyelenggaraan  ekosistem  TIK  Smart

City,     penyelenggaraan     Government         Chief                           Information

Officer             (GCIO)              pemerintah                                        kabupaten/kota,

pengembangan sumber daya TIK pemerintah daerah dan

masyarakat, layanan nama domain dan sub domain bagi

lembaga, pelayanan publik dan kegiatan daerah;

g.   penyiapan      bahan     pemberian     bimbingan     teknis                                          dan

supervisi   di   bidang   layanan   infrastuktur   dasar   data

center,        disaster      recovery      center        &       TIK,                                  layanan

pengembangan intranet dan penggunaan akses internet,

layanan   system   komunikasi   intra   pemerintah   daerah,

layanan     keamanan     informasi     e-Government,                                   layanan

manajemen  data  dan  informasi  e-Government,  layanan

pengembangan   dan   pengelolaan   aplikasi   generik   dan

spesifik      dan      suplemen      yang      terintegrasi,                                   integrasi

layanan   publik   dan   kepemerintahan,   penyelenggaraan

ekosistem  TIK  Smart  City,  penyelenggaraan  Government

Chief   Information   Officer   (GCIO)   pemerintah   daerah,

pengembangan sumber daya TIK pemerintah daerah dan

 

masyarakat, layanan nama domain dan sub domain bagi

lembaga, pelayanan publik dan kegiatan daerah;

h.   pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang layanan

infrastuktur dasar data centerdisaster recovery center &

TIK,  layanan  pengembangan  intranet  dan  penggunaan

akses       internet,      layanan      sistem         komunikasi                                        intra

pemerintah   daerah,   layanan   keamanan   informasi   e-

Government,  layanan  manajemen  data  dan  informasi  e-

Government,   layanan   pengembangan   dan   pengelolaan

aplikasi      generik     dan      spesifik      dan      suplemen                                             yang

terintegrasi,            integrasi            layanan            publik                                                               dan

kepemerintahan,  penyelenggaraan  ekosistem  TIK  Smart

City,     penyelenggaraan     Government         Chief                                    Information

Officer      (GCIO)       pemerintah       daerah,                                          pengembangan

sumber  daya  TIK  pemerintah  daerah  dan  masyarakat,

layanan  nama  domain  dan  sub  domain  bagi  lembaga,

pelayanan publik dan kegiatan daerah.

i.      pengkoordinasian           penyusunan            Rencana                   Kerja

Anggaran/Dokumen  Pelaksanaan  Anggaran                                                                                                                                   (RKA/DPA)

dan Program Kerja Seksi  dibawahnya;

j.      pelaksanaan      koordinasi,     informasi      dan                   sinkronisasi

dengan                                       Perangkat  Daerah  dan  Instansi  terkait  dalam

rangka      keterpaduan      dan      sinkronisasi                                           pelaksanaan

program  sesuai dengan bidang tugasnya;

k.   pengkoordinasian,         pengawasan         dan                                                                            pengendalian

pelaksanaan  program  sesuai  dengan   bidang  tugasnya

berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan;

l.            pengkoordinasian pengumpulan, pengolahan dan analisa

data   sesuai   dengan   bidang   tugasnya   sebagai   bahan

penyusunan       rencana,        dan        evaluasi                                                           pelaksanaan

program/kegiatan;

m.  pengkajian dan pemberian pertimbangan teknis terhadap

permasalahan sesuai dengan bidang tugasnya;

n.   pelaksanaan  pembinaan  dan  bimbingan  sesuai  dengan

bidang   tugasnya   berdasarkan   peraturan   perundang-

undangan;

o.   pelaksanaan         monitoring,       evaluasi        dan                                                            pelaporan

pelaksanaan tugas Bidang; dan

p.   Pelaksanaan  tugas-tugas                                                                                       lain  yang  dilimpahkan  oleh

atasan sesuai dengan bidang  tugasnya.