HALAMAN

PROFIL DINAS KOMINFO KOTA MATARAM

Dinas Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) Kota Mataram merupakan Perangkat Daerah baru, yang dibentuk untuk memenuhi ketentuan Peraturan Pemerintah nomor: 41 Tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah dan melaksanakan Peraturan Daerah Kota Mataram Nomor  15 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kota Mataram serta memperhatikan kebutuhan pelayanan masyarakat sebagaimana hasil analisa Tim Analisis Jabatan dan Pengukuran Beban Kerja dalam rangka pengembangan dan pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi, maka dibentuklah Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Mataram yang merupakan penggabungan Bagian Pengolahan Data Elektronik dan Informatika Setda Kota Mataram dan Bidang Sarana Komunikasi dan Desiminasi Informasi pada Dinas Perhubungan dan Informatika Kota Mataram.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang begitu pesat telah mengiringi proses perubahan tatanan dari yang bersifat terbatas menjadi tanpa batas. Pesatnya informasi global kini tidak hanya merambah di wilayah perkotaan saja, tetapi telah sampai ke pelosok sehingga mendorong terjadinya perubahan dalam kehidupan masyarakat. Meski demikian perubahan tersebut masih terjadi adanya kesenjangan dalam bidang informasi  dan komunikasi yang disebabkan oleh beberapa hal anatar lain: keberagaman tingkat pendidikan masyarakat, budaya, kondisi geografis dan ketersediaan infrastruktur, kondisi demikian tentu menjadi tugas negara dalam hal ini pemerintah untuk memfasilitasinya dalam rangka mengurangi kesenjangan tersebut sehingga masyarakat mudah memperoleh informasi yakni melakukan pemerataan infrastruktur, pendayagunaan media informasi dan pemberdayaan lembaga komunikasi masyarakat.

Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Mataram sesuai dengan Peraturan Walikota Mataram Nomor 49 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Mataram tentunya diharapkan memenuhi tuntutan masyarakat dalam rangka memberikan pelayanan bidang komunikasi dan informasi kepada masyarakat sehingga penyelenggaraan pemerintahan transparan dan akuntabel sesuai dengan era keterbukaan informasi, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta implementasi e-Government yang dimaknai sebagai penyelenggaraan kepemerintahan berbasis elektronik yang bertujuan meningkatkan kualitas pelayanan publik secara efisien, efektif dan interaktif, merupakan konsep yang sinergi antara penyelenggaraan pemerintahan dengan pemanfaatan teknologi informasi melalui kesiapan infrastruktur dan sumber  daya aparatur sebagai pelayan masyarakat.

Bidang-Bidang pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Mataran:

1. Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik, terdiri atas:

  • Seksi Pengelolaan Informasi Publik;
  • Seksi Pengelolaan Komunikasi Publik.
  • Seksi Layanan Informasi Publik

2. Bidang Penyelenggaraan e-Government, terdiri atas :

  • Seksi Infrastruktur dan Teknologi;
  • Seksi Pengembangan dan Pengelolaan Data dan Aplikasi;
  • Seksi Layanan e-Government.

3.  Bidang Persandian dan Statistik, terdiri atas :

  • Seksi Tata Kelola Penjaminan Keamanan Informasi berklasifikasi;
  • Seksi Layanan Operasional Persandian;
  • Seksi Statistik.