Telpon: (0370) 649350 Email: diskominfo@mataramkota.go.id

Tips Aman Nyaman transaksi Online

Hai #sobatkom #sibermania saat ini platform startup semakin memberikan kemudahan bagi pengguna dalam melakukan transaksi belanja Online, bukan hanya pasar gadget dan barang elektronik dan fashion namun kini kemudahan belanja online kebutuhan rumah tangga pun sudah sangat mudah. namun seperti hukum alam dalam dunia TI semakin mudah maka tingkat keamanan juga semakin banyak celah. Seringkali kita mendengar kasus hilangnya saldo elektronik, saldo rekening di bank, lalu ada juga kasus tiba-tiba kita ditagih oleh pinjaman online dan data kita disebar serta bentuk kejahatan lainnya.

berhati-hatilah kemungkinan akun belanja online, akun transkasi online maupun kartu ATM kita telah disalah gunakan saat belanja online.

Berikut beberapa Tips aman Belanja Online di era digital :)

1. Pastikan Belanja Online di marketplace resmi dan memiliki ijin OJK (Otoritas Jasa Keuangan)

2. Belanja di toko online resmi yang memiliki ijin usaha, memiliki tingkat ulasan yang tinggi dari pengguna

 3. Saat akan transaksi pastikan pembayaran dengan kode resmi yang diberikan oleh merchant. Tolak jika ada yang meminta 

Anda untuk menekan *kode* nomor pengganti ,umumnya para penjahat siber akan memanfaatkan kelengahan calon korbannya demi meminta kode verifikasi, termasuk One Time Password (OTP) untuk kemudian melakukan transaksi secara ilegal.

4. atur keamanan akun di marketplace dengan menggunakan dobel autentikasi, via aplikasi dan via nomor handphone atau via email

5. jika fitur pada handphone mendukung fitur sidik jari, face ID maupun PIN pastikan untuk ditambahkan pada fitur autentikasi

6. Pastikan tidak meninggalkan handphone dengan layar tidak terkunci

7. waspada terhadap situs palsu atau phising dan penipuan dengan menggunakan fitur penerusan panggilan (call forwarding). jika ada yang meminta kode OTP melalui email, aplikasi chat, telepon maupun SMS dari mereka yang mengaku sebagai suatu institusi resmi.